JAVA GUI
Graphic User Interface (GUI) merupakan aplikasi pada
java yang berbasis grafik. GUI memberikan hasil dari program tampak menarik ,
nyaman, serta mudah digunakan oleh para user.
Pada Java ada dua kelas yang disediakan untuk GUI,
yaitu :
1.
AWT (Abstract
Windowing Toolkit)
AWT terdapat pada package java.awt yang berisi
komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi sehingga mengakibatkan
dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt : Button, Label,
Frame, Panel dan Dialog.
2.
SWT (Standart
Widget Toolkit)
SWT terdapat pada package java.swt. Package java.swt
berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan
dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehigga mengakibatkan dependensi
sistem. Namun peforma dari SWT hamper sama dengan Swing.
3.
Swing
Terdapat pada
package javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform
sistem operasi. Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang
sudah terdapat pada package javax.swing yaitu: JFrame, JDialog, JOption,
JLabel.
Kasus:
ObjekGUI
import javax.swing.*;
class GUI extends
JFrame {
JLabel
lNama = new JLabel ("Nama Lengkap:");
final
JTextField fNama =
new
JTextField(10);
JLabel
lNim = new JLabel ("NIM:");
final
JTextField fNim =
new
JTextField(10);
JButton
bTNSave =
new
JButton ("OK");
JButton
bTNCancle =
new
JButton ("Cancel");
public GUI(String judul) {
setTitle
(judul);
setSize(350,200);
setLayout (null);
add(lNama);
add(fNama);
add(lNim);
add(fNim);
add(bTNSave);
add(bTNCancle
);
lNama.setBounds
(10,10,120,20);
fNama.setBounds
(130,10,150,20);
lNim.setBounds
(10,30,140,40);
fNim.setBounds
(130,40,150,20);
bTNSave.setBounds
(50,130,60,20);
bTNCancle.setBounds
(130,130,80,20);
setVisible(true);
}
}
class ObjekGUI {
public
static void main (String [] args) {
GUI
G = new GUI("Tugas GUI I");
}
}
Keterangan Listing:
import javax.swing.*; (Mengimport
kelas- kelas yang ada pada java.swing)
class GUI extends
JFrame { (Class GUI turunan dari menjadi
class JFrame)
JLabel lNama = new JLabel ("Nama
Lengkap:"); (Membuat Label yaitu Name
Lengkap)
final
JTextField fNama = (Membuat tempat
Text field dari nama lengkap)
new
JTextField(10); (Membuat text field baru dengan
nilai 10)
JLabel
lNim = new JLabel ("NIM:"); (Membuat Label
yaitu NIM)
final
JTextField fNim = (Membuat tempat
Text field dari nama lengkap)
new
JTextField(10); (Membuat text field baru dengan
nilai 10)
JButton
bTNSave = (Membuat button save)
new
JButton ("OK"); (membuat baru
JButton dan isi dari button save :“OK”)
JButton
bTNCancle = (Membuat
button Cancel)
new
JButton ("Cancel");
(membuat baru JButton dan isi dari button Cancel :“Cancel”)
public GUI(String judul) {
setTitle
(judul); untuk membuat title(judul) dan ukuran
pada modifier GUI
setSize(350,200);
setLayout
(null);
add(lNama);
(Perintah untuk tambah lNama)
add(fNama);
(Perintah untuk tambah fNama)
add(lNim);
(Perintah untuk tambah lNim)
add(fNim);
(Perintah untuk tambah fNim)
add(bTNSave);
(Perintah untuk tambah bTNSave)
add(bTNCancle
); (Perintah untuk tambah bTNCancle)
lNama.setBounds
(10,10,120,20);
fNama.setBounds
(130,10,150,20);
lNim.setBounds
(10,30,140,40);
fNim.setBounds
(130,40,150,20); Mengatur ukuran
Panjang, lebar dari Label,
bTNSave.setBounds
(50,130,60,20); text
field dan button.
bTNCancle.setBounds
(130,130,80,20);
setVisible(true);
(untuk menampilkan dengan nilai true)
}
}
class ObjekGUI { Kelas utama
public
static void main (String [] args) { Membuat objek baru dan memberi
GUI
G = new GUI("Tugas GUI I"); isi
Tugas GUI I
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar