Selasa, 06 Desember 2011

Java GUI


JAVA GUI

Graphic User Interface (GUI) merupakan aplikasi pada java yang berbasis grafik. GUI memberikan hasil dari program tampak menarik , nyaman, serta mudah digunakan oleh para user.
Pada Java ada dua kelas yang disediakan untuk GUI, yaitu :
1.      AWT (Abstract Windowing Toolkit)
AWT terdapat pada package java.awt yang berisi komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt : Button, Label, Frame, Panel dan Dialog.

2.      SWT (Standart Widget Toolkit)
SWT terdapat pada package java.swt. Package java.swt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehigga mengakibatkan dependensi sistem. Namun peforma dari SWT hamper sama dengan Swing.

3.      Swing
 Terdapat pada package javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi. Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu: JFrame, JDialog, JOption, JLabel.


Kasus: ObjekGUI
import javax.swing.*;
class GUI extends  JFrame {
            JLabel lNama = new JLabel ("Nama Lengkap:");
            final JTextField fNama =
            new JTextField(10);
            JLabel lNim = new JLabel ("NIM:");
            final JTextField fNim =
            new JTextField(10);
            JButton bTNSave =
            new JButton ("OK");
            JButton bTNCancle =
            new JButton ("Cancel");

public GUI(String judul) {
            setTitle (judul);
setSize(350,200);

setLayout (null);
            add(lNama);
            add(fNama);
            add(lNim);
            add(fNim);
            add(bTNSave);
            add(bTNCancle );

            lNama.setBounds (10,10,120,20);
            fNama.setBounds (130,10,150,20);
            lNim.setBounds (10,30,140,40);
            fNim.setBounds (130,40,150,20);
            bTNSave.setBounds (50,130,60,20);
            bTNCancle.setBounds (130,130,80,20);
            setVisible(true);
   }
}

class ObjekGUI {
            public static void main (String [] args) {
                        GUI G  = new GUI("Tugas GUI I");
            }
}









Keterangan Listing:
import javax.swing.*; (Mengimport kelas- kelas yang ada pada java.swing)
class GUI extends  JFrame { (Class GUI turunan dari menjadi class JFrame)
            JLabel lNama = new JLabel ("Nama Lengkap:"); (Membuat Label yaitu Name Lengkap)
            final JTextField fNama = (Membuat tempat Text field dari nama lengkap)
            new JTextField(10); (Membuat text field baru dengan nilai 10)
            JLabel lNim = new JLabel ("NIM:"); (Membuat Label yaitu NIM)
            final JTextField fNim = (Membuat tempat Text field dari nama lengkap)
            new JTextField(10); (Membuat text field baru dengan nilai 10)
            JButton bTNSave = (Membuat button save)
            new JButton ("OK"); (membuat baru JButton dan isi dari button save :“OK”)
            JButton bTNCancle =  (Membuat button Cancel)
            new JButton ("Cancel"); (membuat baru JButton dan isi dari button Cancel :“Cancel”)

public GUI(String judul) {
            setTitle (judul);                   untuk membuat title(judul) dan ukuran pada modifier GUI
setSize(350,200);

            setLayout (null);
            add(lNama); (Perintah untuk tambah lNama)
            add(fNama); (Perintah untuk tambah fNama)
            add(lNim); (Perintah untuk tambah lNim)
            add(fNim); (Perintah untuk tambah fNim)
            add(bTNSave); (Perintah untuk tambah bTNSave)
            add(bTNCancle ); (Perintah untuk tambah bTNCancle)

            lNama.setBounds (10,10,120,20);
            fNama.setBounds (130,10,150,20);
            lNim.setBounds (10,30,140,40);
            fNim.setBounds (130,40,150,20);                        Mengatur ukuran Panjang, lebar dari Label,
            bTNSave.setBounds (50,130,60,20);                   text field dan button.
            bTNCancle.setBounds (130,130,80,20);
            setVisible(true); (untuk menampilkan dengan nilai true)
   }
}
class ObjekGUI {                                                                      Kelas utama
            public static void main (String [] args) {                     Membuat objek baru dan memberi
                        GUI G  = new GUI("Tugas GUI I");                   isi Tugas GUI I
            }
}

Contoh :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar