Selasa, 15 November 2011

Package dan Kelas

Laporan 7 Praktikum Java

PACKAGE  DAN  KELAS

A.    PACKAGE
Digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atu karena alasan lainnya) pada direktori yang sama, dimana di dalam setiap kelasnya terdapat directive (statement java dalam source kode yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada direktori tersebut.

Deklarasi package :
            Package namaPackage;

Secara umum bila ingin mengguankan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke dalam suatu package, maka paerlu membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil kelas tersebut :
Deklarasi import :
1.      Mendeklarasikan penggunaan kelas suatu kelas satu persatu
Import namaPackage.namaKelas;
2.      Mendeklarasikan semua penggunaan semua kelas suaatu package
Import namaPackage.*;

B.     JAVA KELAS
1.      Kelas String
String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Beberapa method dalam kelas string adalah :
Ø  char charAt(int indeks): menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks
Ø  boolean equals(Object anObject): membandingkan string ini dengan obyek lain. Case sensitive.
Ø  int length(): mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string
Ø  string toLowerCase(): mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil
Ø  string toUpperCase(): mengkonversi semua karakter menjadi huruf besar
Ø  string trim(): mengembalikan salinan string ini setelah menghilangkan spasi kosong di awal dan diakhir string

2.      Kelas Math
Math adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math :
Ø  double abs(double a): menghasilkan nilai mutlak dari atribut
Ø  double ceil(double a): mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke bawah
Ø  double floor(double a): mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke atas

Contoh Program :
MEMBUAT PROGRAM Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
            public String nama = "";
            public Manusia (String nama) {
                        this.nama = nama;
            }
}

MEMBUAT PROGRAM Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
            public String nama = "";
            public Tumbuhan (String nama) {
                        this.nama = nama;
            }
}

MEMBUAT PROGRAM Burung.java
//file Burung harus berada dalam makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
            public static final boolean bisaTerbang = true;
            public String nama ="";
            public Burung (String nama) {
                        this.nama = nama;
                        System.out.println("Nama Burung : "+nama);
            }
}

MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder meet7
public class MainMakhlukHidup {
            public static void main(String [] args) {
            makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
            System.out.println("nama : "+m.nama);
           
            makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
            System.out.println("nama : "+t.nama);
           
            System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
            makhlukhidup.hewan.Burung b = new
            makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}

Hasil :




  







 
Membuat Program MainMakhlukHiduppakeimport.java
//file Makhlukhidup harus berada dalam folder meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.Hewan.*;
public class mainmakhlukhiduppakeImport {
  public static void main(String[]args) {
    Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
    System.out.println("nama : "+m.nama);
    Tumbuhan t = new Tumbuhan("Palem");
        System.out.println("nama : "+t.nama);
        System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang? : "+Burung.bisaTerbang);
        Burung b = new makhlukhidup.Hewan.Burung ("Beo");
       }
      }
Hasil :

 
MEMBUAT PROGRAM ContohString.java
public class ContohString {
            public static void main(String[]args) {
            String Kalimat = "Selamat Belajar JAVA";
            System.out.println("toUpperCase : "
            +Kalimat.toUpperCase());
            System.out.println("toLowerCase : "
            +Kalimat.toLowerCase());
            System.out.println("Jumlah karakter : "+Kalimat.length());
            System.out.println("Karakter Index ke 0 : "+Kalimat.charAt(0));
            System.out.println("Substring(16,20) : "
            +Kalimat.substring(16,20));
            System.out.println("Karakter index ke 0 : "
            +Kalimat.trim());
            }
}
Hasil : 











MEMBUAT PROGRAM OpMatematika.java
public class OpMatematika {
            public static void main(String[]args) {
            System.out.println("E                         = " +Math.E);
            System.out.println("PI                                    = " +Math.PI);
            System.out.println("Ln 20                              = " +Math.log(20.0));
            System.out.println("ceil (-5.6)             = " +Math.ceil (-5.6));
            System.out.println("floor (-5.6)                      = " +Math.floor (-5.6));
            System.out.println("round (-5.6)                     = " +Math.round (-5.6));
            System.out.println("sqrt (25)              = " +Math.sqrt (25));
            System.out.println("pow (25,0.5)                   = " +Math.pow (25,0.5));
            }
}
Hasil : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar